Kamis, 14 Maret 2013

The Platinum Album Billboard


Dari seri kaset inilah saya mulai serius mengenal Queen lebih lanjut. Perkenalan awal dari album Hot Space rilisan GL records di tahun 1982, lanjut eksplorasi ke album awal Queen. Meski agak telat syukurlah seri kaset Platinum Album Billboard bisa memenuhi hasrat itu.




Terdiri dari 8 seri, The Platinum album merupakan album yang cukup komplit saat itu.

  • Kaset 1, Side A berisikan album Queen s/t, terdiri dari 7 lagu, dan edannya keselip lagu Now I'm Here yang berasal dari album Sheer Heart Attack. Side B nya berisi album Sheer Heart Attack dengan susunan lagu yang saling silang dengan album Queen s/t.
  • Kaset 2, Side A berisikan album Queen II, dan Side B tanpa informasi apapun disisipi dengan lagu dari album Sheer Heart Attack.
  • Kaset 3, Side A berisikan album A Night at The Opera dan menempatkan Bohemian rhapsody di urutan 1, sementara Side B berisikan album A Day at The Races dalam kondisi hanya 7 lagu
  • Kaset 4, Side A berisikan album Jazz, sementara Side B berisikan album News of The World dalam kondisi tidak lengkap.
  • Kaset 5, berisikan album Live Killers dengan pita c-76 (?) durasi 76 menit. Berbeda dengan kaset lain yang berdurasi 60 menit.
  • Kaset 6, Side A berisikan album The Game, sementara Side B berisikan kompilasi yang tercecer dari album sebelumnya.
  • Kaset 7, Side A berisikan album Flash, sementara Side B berisikan lagu Queen yang dimainkan dalam versi klasik.
  • Kaset 8, Side A tanpa keterangan apapun namun ternyata diambil dari album Hot Space, sementara Side B berisikan kompilasi yang tercecer dari album sebelumnya.



Meskipun diacak secara tidak jelas (dan saya juga gak tahu itu diacak, maklum jaman gak ada internet dan jaman label boleh menerbitkan album seenak jidat) saya sungguh menikmati kaset ini.
Kaset aslinya terlantar entah kemana, namun seorang teman berbaik hati menjual koleksinya ke saya. Entah dengan apa saya putar, saya sudah tidak punya playernya lagi. Tapi kaset ini sungguh mengembalikan memori saya ke masa silam....berbekal tape mobil yang dimodifikasi, speaker dengan body kardus indomie serta pinsil & uang seribu rupiah, sungguh nikmat sekali masa itu

ahhhhh saya jadi pingin makan sarden campur kentang sambil ngelus-elus kaset ini...




Tidak ada komentar: