Selasa, 11 Juni 2013

Memburu Kaset Queen


Kenal pertama kali Queen lewat video betamax Top Pop yang salah satunya berisikan klip Queen Body Language yang merupakan promo album Hot Space di tahun 1982, perkenalan saya berlanjut lewat kaset Hot Space rilisan Golden Lion Records. 

Saya yang tinggal di kota Padang, saat itu sangatlah sulit mendapatkan kaset-kaset rock yang menjadi kesenangan saya sejak SMP.Kesukaan saya akan Queen saat itu terlampiaskan dengan kaset Queen serial Platinum album 1 s/d 8 rilisan Billboard.
Kaset yang berisikan materi album Queen I hingga Hot Space, menjadi pintu masuk bagi saya untuk mengenal Queen secara mendalam dibantu dengan beberapa tulisan di majalah Vista. 

Saat saya pindah ke Jakarta, kaset Queen saya pun berhamburan entah kemana, tak tersisa satupun di rumah orang tua saya. Saat itu di tahun 1995 saya sudah tak memikirkan lagi kaset itu, toh saya sudah lengkap punya CD nya. Ngapain miara kaset yang susah untuk memutarnya demikian yang ada di benak saya. 
Saya lebih fokus pada CD dan seiiring dengan jaman internet dimana interaksi antara orang sehobi terjadi di milis dan forum, selera musikpun ikut bertransformasi. saling meracuni antar anggota milis sungguh merupakan suatu hal yang menyenangkan, sehingga yang seneng claro teracuni oleh Jazz, Prog hingga death metal. Dan sebaliknya yang seneng metal pun teracuni oleh claro maupun prog, demikian pula saya...Istilah ketuaan mendengar musik rock pun hilang sudah. Meskipun selera menjadi lebar, dari musik claro, prog, jazz hingga metal, namun kesukaan saya terhadap Queen tak pernah hilang, apalagi istri saya waktu pacaran saya gombalin sampai klepek-klepek melalui lagu pentolan Queen Freddie Mercury  I was Born To Love You, hingga mau menjadi istri saya..bagaimana saya bisa melupakan Queen!!!
Mudahnya akses internet, toko online dan pertemanan menjadikan koleksi CD, DVD dan Bluray saya bertambah sedikit demi sedikit. Praktis sudah kumplit CD yang saya punya dari versi 1 CD hingga versi remaster 2011 (2 CD).

CD & Vinyl


Saat saya mulai serius menyimak blog gemblung ini, dan membaca postingan teman-teman tiba-tiba saya teringat akan nikmatnya kaset Queen. Apalagi setelah saya ikut progring di Corelli ketemu dedengkot proclaro mas Gatot, mas Herman, mas Ugik, mas Hengky, mas Rizki, mas Oni, mas Apec, mas Edy Irawan, mas Yudhi dan mas Noor Qodri. Sempet mampir dan mulai tertarik untuk mencoba lagi. Tapi saya sudah tidak punya player lagi, gak papa yang penting punya kasetnya dulu. Urusan player belakangan....

Akhirnya saya mengontak beberapa teman online seller disamping mulai bergerilya ke lapak-lapak kaset mulai Jalsur, Jatinegara disamping Blok M Square, serta sempat mampir ke Yogya.
Prinsip saya asal beda sikat...Seperti album Hot Space mulai dari Billboard, Team, Aquarius, Hins Collection hingga ABC records sudah saya sikat. Sayangnya versi Golden Lion yang jadi perkenalan saya malah belum dapet.
Kumpulan kaset rongsokan

Alhamdulillah...cukup banyak kaset Queen yang bisa saya kumpulkan. Total yang sudah saya dapatkan adalah sebanyak 65 kaset

  1. A Day at the Races-Queen (EMI-Aquarius)
  2. A Day at the Races-Queen (Perina)
  3. A Kind Of Magic-Queen (Aquarius)
  4. A Kind Of Magic-Queen (Billboard)
  5. A Kind Of Magic-Queen (EMI-Aquarius)
  6. A Night at the Opera-Queen (Aquarius-47033)
  7. A Night at the Opera-Queen (Aquarius-58030)
  8. A Night at the Opera-Queen (EMI-Aquarius)
  9. A Night at the Opera-Queen (Perina)
  10. Best of-Queen (Atlantic Records)
  11. Five Live-George Michael and Queen (EMI-Aquarius)
  12. Flash Gordon-Queen (Aquarius)
  13. Flash Gordon-Queen (Contessa)
  14. Greatest Hits II-Queen (EMI-Aquarius)
  15. Greatest Hits II-Queen (EMI-Aquarius)
  16. Greatest Hits I-Queen (EMI-Aquarius)
  17. Greatest Hits of Queen & Freddie Mercury-Queen & Freddie Mercury (Kings (C-90))
  18. Hot Space-Queen (ABC Records)
  19. Hot Space-Queen (Aquarius)
  20. Hot Space-Queen (Aquarius)
  21. Hot Space-Queen (Hins Collection)
  22. Hot Space-Queen (Kings Billboard)
  23. Innuendo-Queen (EMI-Aquarius)
  24. Innuendo-Queen (EMI-Aquarius)
  25. Jazz-Queen (Aquarius)
  26. Jazz-Queen (EMI-Aquarius)
  27. Live at Wembley '86 #1-Queen (EMI-Aquarius)
  28. Live at Wembley '86 #2-Queen (EMI-Aquarius)
  29. Live Killers-Queen (Aquarius)
  30. Live Killers-Queen (EMI-Aquarius)
  31. Live Killers-Queen (Private Collection)
  32. Live Magic-Queen (EMI-Aquarius)
  33. Made in Heaven-Queen (EMI-Aquarius)
  34. Made in Heaven-Queen (EMI-Aquarius)
  35. News of the World-Queen (Aquarius)
  36. Queen + Greatest Hits III-Queen + (EMI-Aquarius)
  37. Queen II-Queen (Fame)
  38. Rockline!-Queen 1-Queen (Team Records)
  39. Rockline!-Queen 2-Queen (Team Records)
  40. Rockline!-Queen 8-Queen (Team Records)
  41. Rocks, Vol. 1-Queen (EMI-Aquarius)
  42. Sheer Heart Attack-Queen (EMI-Aquarius)
  43. The Best of 2-Queen (Aquarius)
  44. The Best of-Queen (Aquarius Kuning)
  45. The Best of-Queen (Aquarius)
  46. The Game-Queen (Aquarius)
  47. The Miracle-Queen (EMI-Aquarius)
  48. The Platinum Album 1-Queen (Billboard)
  49. The Platinum Album 2-Queen (Billboard)
  50. The Platinum Album 3-Queen (Billboard)
  51. The Platinum Album 4-Queen (Billboard)
  52. The Platinum Album 5-Queen (Billboard)
  53. The Platinum Album 6-Queen (Billboard)
  54. The Platinum Album 7-Queen (Billboard)
  55. The Platinum Album 8-Queen (Billboard)
  56. The Very Best of Queen II-Queen (Billboard)
  57. The Very Best of Queen-Queen (Aquarius)
  58. The Very Best of-Queen (Pan Audio (C-90))
  59. The Very Best of-Queen (Saturn)
  60. The Works-Queen (Aquarius)
  61. The Works-Queen (Aquarius)
  62. The Works-Queen (AR)
  63. The Works-Queen (Audio Masters)
  64. The Works-Queen (Kings Billboard)
  65. The Works-Queen (Team Records)


semoga segera bisa mendapatkan Hot Space versi Golden Lion....(mungkin ada yang mau barter?)

1 komentar:

Betonz mengatakan...

Salam kenal Mas Danang, sy Eddy dari Bandung, br dpt dvd bootleg Queen live St Paul, Budokan 1979, Manchester,....