Kamis, 11 September 2008

CD Detuna-Rock n Roll is (not) Good Enough

Album Rock n Roll is (not) Good Enough
Tahun 2007
Detuna Rocks Production


track list:
01 Ready To Rock
02 Parade Rock N Roll
03 Malam Ini Saja
04 Kini Ku Ada Untukmu
05 Perubahan
06 2006
07 High Speed Journey
08 Hanya Sebuah Balada
09 Rock Duniaku

tentang Detuna dikutip dari http://www.detuna.com

Sejarah terbentuknya DETUNA sebagai sebuah music project/band berawal di awal th 2004 silam,tak berapa lama sekembalinya danny (pendiri DETUNA) dari Australia. Suatu saat ketika ia sedang membongkar salah satu tempat penyimpanan barang di kediamannya,ia menemukan kembali beberapa koleksi efek gitar miliknya beserta asesorisnya. Kaget sekaligus senang karena sebenarnya dia sudah lupa masih memiliki efek2 tsb.Satu-satunya gitar listrik yang dimilikinya (AriaPro II Libra Series) didapatinya dalam kondisi tidak layak pakai. Terakhir kali ia menyentuh dan memainkan gitar tsb adalah pada th 1996 silam,itupun secara amatiran.

Keinginan untuk kembali bermusik muncul ketika Teddy Hartoko (mahasiswa Univ Jayabaya Jkt ketika itu),yg juga masih sepupunya, menawarkannya untuk menjadi salah satu pengisi acara amal yg diadakan univ Jayabaya pada maret 2004. Terbentuklah band dadakan dengan nama "Classic Guitar" yg beranggotakan danny(gitar),limbas(bass),daniel(vokal),dan rio(drums). Selepas event di Jayabaya tsb,danny pun berinisiatif membentuk band baru kali ini dengan formasi daniel(vokal),bongki(bass),dan stephen(drums).Namun baru sekali mengadakan jam session resmi,band ini tidak bisa berlanjut karena stephen,yang kala itu juga bergabung dengan homeband di salah satu cafe hotel Shangrilla Jakarta, harus pulang ke negaranya AS.Stephen yg warga AS, pernah bermain sbg additional drummer pada pementasan Sammy Hagar di Cabo Wabo yg legendaris itu.bending the neckmrzerolaziness
Pada sekitar bulan juli 2004,danny mengajak daniel untuk membentuk projek musik yg berkonsep duo (gitaris-vokalis) yg pada dasarnya berakar pada musik hardrock. Daniel menyanggupinya, dan kemudian ia pun menyerahkan beberapa hasil rekaman demonya ke danny,lagu2 yg pernah direkam bersama bandnya terdahulu Anasthasia band. Dari beberapa lagu tsb, danny pun mengambil satu lagu "Perubahan" yg kemudian menjadi lagu pertama yg dikerjakan secara professional oleh danny untuk album pertama DETUNA. Lagu "Perubahan" juga menjadi lagu terlama dlm proses aransemen,perlu waktu 8 bulan untuk menemukan bentuk spt yg bisa didengar di versi album.Bulan-bulan berikutnya diisi dengan menulis lagu2 untuk keseluruhan album. Aktifitas menulis lagu sempat diselingi dengan sekali pementasan di acara amal untuk korban tsunami Aceh yg diadakan di tempat yg sama yaitu Univ Jayabaya pada awal th 2005. Band untuk event ini,dengan nama "Kaleidoskop" terdiri dari danny(gitar),daniel(vokal),dudu(bass),dan anto(drums).Suatu saat tak lama setelah itu, dudu dan danny berkesempatan mengunjungi sesi rekaman EDANE band untuk album mereka "Time To Rock". Ketika sedang berada di studio pada sesi rekaman itulah,danny mendapatkan inspirasi yg tiba2 untuk menulis lagu (draft kasar liriknya ditulis oleh daniel) yaitu "Rock Duniaku" yg pada akhirnya menjadi lagu pertama dari album yg bisa didengar lebih dulu/dirilis via situs resmi DETUNA.

Kelanjutan kerjasama dengan daniel terhenti pada pertengahan th 2006 lalu, hal ini disebabkan hal2 yg sifatnya non teknis,sehingga pada akhirnya danny memutuskan menjadikan DETUNA sebagai sebuah music project namun tetap dengan konsep format standar rock band untuk recording maupun untuk pementasan di panggung. Pada desember 2006 danny akhirnya mendapatkan seorang add vocalist yaitu Fire Of Imana (FOI)(seseorang yg tdk ingin diketahui identitasnya,baik foto maupun nama aslinya) yg dirasakan danny mempunyai karakter vocal yg pas untuk materi album,yg kemudian menyanggupi untuk mengisi semua track voc untuk album pertama DETUNA tsb. A great rock album titled : "rock n roll is (not) good enough".


Tidak ada komentar: