Minggu, 12 Oktober 2008

detikNews : situs warta era digital | Ribuan Warga Yogya Bersepeda ke Sekolah dan Kantor

http://www.detiknews.com/read/2008/10/13/105043/1019095/10/ribuan-warga-yogya-bersepeda-ke-sekolah-dan-kantor
Kapan di Jkt kayak gini yach?......
gpp meskipun lone rider tetep Nyepedah ke kantor..
salut u/ Jogja.....

Yogyakarta -
Pelajar dan karyawan di Yogyakarta mencanangkan gerakan bersepeda ke kantor dan sekolah. Pencanangan gerakan ini diikuti oleh ribuan pelajar dan karyawan di kota tersebut.

Gerakan bersepeda ke kantor dan sekolah itu dinamakan Sego Segawe yang merupakan singkatan dari kalimat Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe (sepeda untuk bersekolah dan bekerja). Peluncuran gerakan tersebut dipusatkan di Alun Alun Utara Yogyakarta, Senin (13/10/2008).

Acara yang digagas oleh Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto itu diresmikan oleh Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Acara juga dihadiri oleh Wakil Walikota Haryadi Suyuti, Sekda DIY Tri Harjin Ismadji serta sejumlah pejabat Kota Yogyakarta dan Pemkot Yogyakarta. Para peserta yang terdiri dari pelajar SLTP, SLTA, guru, anggota TNI/Polri dan berbagai komunitas sepeda di Yogyakarta berkumpul di Alun Alun Utara Yogyakarta, sejak pukul 06.00 WIB.

Peresmian acara ini juga dilakukan cukup unik. Tidak ada suara sirine memekakan telinga yang biasanya dilakukan pada peresmian-peresmian berbagai acara. Peluncuran Sego Segawe ini ditandai dengan membunyikan bel sepeda ontel oleh Sri Sultan di atas sebuah panggung.

Herry Zudianto dalam sambutannya mengatakan, program Sego Segawe merupakan langkah nyata mengurangi polusi di Kota Yogyakarta dan pemanasan global. Dia juga menegaskan, bersepeda bukan identik dengan kemiskinan melainkan suatu kegiatan yang menyehatkan dan menyenangkan.

"Ini sebagai langkah nyata kita sebagai bentuk mewujudkan keistimewaan Kota Yogyakarta. Bersepeda juga mengurangi dampak pemanasan global di sekitar lingkungan kita," katanya.

Seusai pembukaan, Herry Zudianto bersama wakil walikota Haryadi Suyuti dan rombongan pegawai Pemkot Yogyakarta berombongan menuju kantor di Balaikota Timoho yang berjarak sekitar 5 kilomter dengan bersepeda. Hal yang sama dilakukan para peserta lainnya menuju sekolah dan kantor masing-masing.

Konvoi panjang pengendara sepeda sempat memadati semua ruas jalan di Kota Yogyakarta. Sambil mengayuh sepeda mereka tak lupa membunyikan bel. Kring, kring, kring....(bgs/djo)

9 komentar:

Surya Growbhan mengatakan...

hmmm...ni kayak dulu program sepeda hijau yg dicanangkan kmps saya, ugm, sadhar dkk...yang kmudian mmbuat jalur khusus utk speda...tapi kok skrg kayak "terbengkalai"..gak ada yg make...cuma hangat2 gorengan pinggir jalan :p hihihihi...tapi yg penting udah ada niatnya :)

Danang Suryono mengatakan...

Sayang sekali mas Surya
Memang nyepedah itu paling penting niat yg ngejalanin, mo gak ada jalur khusus kek, mo gak ada yg nemenin kek. Yg penting niat, tekad, nikmat dan manfaat yg dirasa didiri masing-masing.
Bagi saya sendiri di Jkt kalopun sampai kiamat gak ada jalur khusus sepeda, gak masalah. Saya tetep nyepeda karena bagi saya sangat bermanfaat.
Tapi kalopun ada tentulah sangat menggembirakan.....

Surya Growbhan mengatakan...

iya bener bgt...malah sbenernya yg patut ditiru ya komunitas Onthel Jawa itu (JOC), yg gak perlu bikin2 jalur khusus, yg penting guyub dan kesadarannya tinggi...
saya dari dulu gak ksampaian2 mau ngonthel...lha jaraknya jauh kalo dari rumah ke kmps :p

Agam Fatchurrochman mengatakan...

Sepeda memang punya sejarah di Yogya, bagian dari budaya tanding, budaya oposisi secara kultural terhadap orde baru. Sekarang dapat dimaknai untuk lingkungan dan kesehatan

mocha wahid mengatakan...

di jakarta siapa yah sesepuh i-rock yg rajin gowes ke kantor selain mas danang?

Danang Suryono mengatakan...

Mas Gatot juga rajin gowes mas Wahid, minimal beliau 2 x seminggu dari Selatan ke gd Indosat. Oom Mamak juga
Terus mas Pungky, Hengky.
Kalo di m-claro oom Ivan Gunawan juga aktif gowes...

Agam Fatchurrochman mengatakan...

Hengky bo'ong tuh. Saya segedung sama dia kok dia tidak pernah kelihatan nyepeda?

Danang Suryono mengatakan...

lho dia ikut milis B2W juga.....halah.....

Agam Fatchurrochman mengatakan...

dia sih cerita akan mulai nyepeda, tapi setahu saya, masih akan hahaha...