Kamis, 24 Februari 2011

Scream for Me Jakartaaaa!!!!!!!!!

Rumor akan datangnya pioneer NWoBHM, Iron Maiden sudah berkumandang sejak tahun lalu. Meskipun berharap akan terjadi, namun saat itu masih belum terlalu antusias mengingat rasanya sangat berat perjuangan untuk mendatangkan Iron Maiden ke Indonesia.

Saat Iron Maiden resmi memasukkan Jakarta dan Bali dalam rangkaian tour mereka di tahun 2011, serasa tak percaya, dadapun berdegup kencang. Segera merancang jadwal untuk menghadapi saat bersejarah tersebut. Membeli tiket konser Jakarta dan Bali, Tiket pesawat ke Bali, memesan hotel dan akomodasi di Bali, Selalu memutar playlist Iron Maiden sembari menemani bekerja dikantor serta menonton DVD mereka (Early Years, Live after Death, Rock in Rio, live at Donnington, Download Festival, Death on The Road dan tentu saja Flight 666) secara marathon tiap hari libur.

Adrenalin semakin berpacu saat trayek Jakarta dan Bali masuk dalam list di Pesawat Ed Force One yang bakal membawa mereka berkeliling dunia.

Akhirnya pada tanggal 17 Pebruary 2011 sejarah itupun tercipta. Penikmat music metalpun sejak sore hari sudah berduyun-duyun ke pantai Carnaval Ancol untuk melakukan ritual bersejarah.
Pukul 20.00 WIB, Rise to Remain band metalcore yang menjadi opening act mulai tampil, dan mencoba menghangatkan panggung selama 27 menit, namun penonton memang cuma menunggu satu penampilan dari Iron Maiden.
Saat Rise to Remain menyelesaikan penampilan mereka, dan crew Iron maiden menata ulang panggung , berkali-kali teriakan Maiden….. Maiden… Maiden…. terus berkumandang.
Dan akhirnya tepat pukul 21.15 intro Sattellite 15…The Final Frontierpun mengalun…3 gitar dari Dave Murray, Adrian Smith dan Janich Gers terasa saling mengisi….Tanpa basa-basi Iron Maiden langsung masuk ke Eldorado..dan saat menggetarkanpun terjadi…sesuatu yang sangat saya impikan selama puluhan tahun…setelah selama ini hanya mendengarkan teriakan scream for me Dortmund, Scream for me Brazil, scream for me Tokyo dan sebagainya terlihat saat menonton video live mereka, akhirnya teriakan Scream for Me Jakarta pun saya dengar untuk pertama kalinya di lagu kedua ini. Sungguh merinding bulu kuduk saya…tanpa terasa perasaan hati teraduk-aduk…..

Suasana semakin panas saat 2 Minutes to Midnight digeber.
Iron Maiden sedikit menurunkan tempo saat mereka kembali membawakan The Talisman yang dipetik dari album anyar mereka yang menjadi tajuk konser (The Final Frontier), saya yang berposisi dibelakang merasakan sound agak terganggu karena angin pantai yang berhembus kencang. Pada akhir lagu ini Bruce Dickinson mulai berkomunikasi dengan penonton, dan menyambungnya dengan lagi-lagi nomor dari The Final Frontiers, Coming Home.
Setelah 4 lagu dari album Final Frontiers, Iron Maiden mulai memasuki permainan dengan fans lama mereka, Dance of Death pun segera mulai menaikkan tempo kembali, Janich Gers bermain gitar bagaikan pemain kuda lumping.
Nomor klasik The Trooper segera memacu adrenalin semakin kencang, membuat moshpit semakin bergelora, disusul The wicker Man. Lagu Blood Brothers membuat bulu kuduk semakin merinding saat terjadi koor:
We're blood brothers, we're blood brothers
We're blood brothers, we're blood brothers
yang disusul dengan When The Wild Wind Blows.
Tempo semakin ngebut, saat The Evil That Man Do, dan Fear of The Dark menggema, dan semakin menggelora saat dimana Robot Eddie muncul…apalagi kalo bukan nomor Iron Maiden,

Oh Well, wherever, wherever you are,
Iron Maiden's gonna get you, no matter how far.
See the blood flow watching it shed up above my head.
Iron Maiden wants you for dead.
Guitar Troopers-foto oleh Nelwin
Merekapun berpamitan setelah nomor ini….dan panggungpun menjadi gelap…
Teriakan penonton we want more…curanmor pun berkumandang…
Akirnya Iron Maiden pun tampil kembali dengan 3 nomor sekaligus, The Number of The Beast, Hallowed Be Thy Name dan Running Free…

Konser dengan durasi 2 Jam ini betul-betul membuat larut emosi saya (dan mungkin ribuan penonton lainnya). Penantian 30 tahun ini terbayar sudah…lemas, serak, bahagia terasa saat bersandar di bangku Bus666 yang saya tumpangi…terima kasih kepada Original production, teman-teman Indotrooper, the Links, i-Rock dan M-claro atas malam yang bahagia ini….
Jakarta usai sudah….Bali next destination…mari ramaikan Garuda Wisnu Kencana…dan nikmati teriakan dahsyat Scream for me Bali!!!!!!!!!!!

Bus 666

 Setlist
  1. Satellite 15... The Final Frontier
  2. El Dorado
  3. 2 Minutes  To Midnight
  4. The Talisman
  5. Coming Home
  6. Dance Of  Death
  7. The Trooper
  8. Blood Brothers 
  9. The Wicker Man
  10. When The Wild Wind Blows
  11. The Evil That Men  Do
  12. Fear Of The Dark
  13. Iron  Maiden
Encore
  1. The Number Of The Beast
  2. Hallowed Be Thy Name
  3. Running Free
thx mas Nelwin atas fotonya

8 komentar:

Agam Fatchurrochman mengatakan...

Metal kantoran hehehe aku nonton berdelapan, sudah tuwir tuwir

tokokz Chev - 0811 200 1839 mengatakan...

kalo udah ginih gak inget sama kolesterol dan asam urat ya.......

Loki Javel mengatakan...

http://lamuerte.multiply.com/journal/item/1287

Danang Suryono mengatakan...

di Fest A mas Agam?, kami rame-rame naik bus dari Sarinah

Danang Suryono mengatakan...

Asam urat mah ilang ama yg ginian...:)

Yulianto Dewata mengatakan...

Nice one, saya malah belum nulis review. Mungkin weekend ini hahahaha

Danang Suryono mengatakan...

thx, ditunggu reviewnya..atau langsung di Soundup?

Yulianto Dewata mengatakan...

My turn now ;-)
http://ydewata.multiply.com/journal/item/170/Iron_Maiden_Live_in_Jakarta_17_Februari_2011