Jumat, 02 Maret 2012

Java Jazz Festival 2012 #1


Meskipun preferensi selera menikmati music saya lebih kearah music rock/metal, namun music jazzy & fusion sempat mewarnai kehidupan saya saat di bangku kuliah. 

Music yang diusung seperti oleh Casiopea, Lee Ritenour, Dave Grusin, Dave Valentine, David Sanborn, Chick Corea, Weather Report, Miles Davis, Michael Franks, Al Jarreau, George Duke, Bob James, Herbie Hancock, Jeff Lorber dan lain-lain, setia menemani masa-masa dulu di kamar kost via compo butut dan jaman merdekanya kaset bajakan.


Java Jazz Festival yang dihelat setiap Maret, selalu berusaha tidak pernah kami lewatkan diantara gemuruh konser band/artis rock/metal manca negara yang singgah di Jakarta. Beberapa mimpi saya saat kuliah untuk nonton jawara jazz 80 an menjadi kenyataan via Java Jazz Festival ini.

Al Jarreau

Java Jazz tahun 2012 menjadi ajang konser Internasional kedua yang saya nikmati tahun 2012 ini setelah Toxic Hollocaust, penampil pada tahun ini cukup menggembirakan hati saya, karena banyak musisi yang saya sebutkan diatas tampil. 

Dihari Jum’at saya sudah menjadwalkan untuk nonton Dewa Budjana, God Bless, Jeff Lorber, Rieka Roeslan, Al Jarreau & George Duke serta Quincy Jones, namun hujan yang mengguyur Jakarta menjadikan jalanan Jakarta macet luar biasa (gak hujan juga macet…:), alhasil saya terlewatkan untuk Dewa Budjana dan God Bless. 

Setelah nonton Jeff Lorber, sasaran utama malam itu memang Al Jarreau yang tampil sebagai special show. Melewati antrian yang cukup panjang, saya pun berkorban melewatkan Rieka Roeslan demi Al Jarreau.

Al Jarreau
Setelah molor cukup lama Akhirnya Al Jarreau yang diiringi George Duke Trio tampil maksimal. Mas Que Nada, Agua De Beber, Roof Garden, Reach for Us, We're In This Love Together mengalir lancar. Meskipun secara fisik terlihat sudah rapuh, namun vocal Al Jarreau masih cukup terjaga, dan terutama bagaimana mulut ajaibnya bisa menirukan suara perkusi dan alat musik lain secara indah.

Al Jarreau & George Duke 

Beberapa kali Al Jarreau mundur dari panggung untuk istirahat dan panggung pun diisi oleh hentakan fusion dahsyat George Duke Trio. 
George Duke pun turut bernyanyi dengan hit yang cukup dikenal penonton Indonesia seperti Sweet Baby dan Born to Love you. 
Al Jarreau & George Duke Trio mengakhiri konser malam itu lewat tengah malam, sehingga saya memutuskan pulang melewatkan Quincy Jones. 

Perasaan sungguh puas, meskipun Spain dan Your Song tidak ada dalam setlist mereka. 
Masih ada 2 malam yang harus dihadapi…Sebelum tidur semangkuk Indomie Telor pun melengkapi malam indah …

Adapun list hari kedua yang pingin ditonton:
15:45 - 16:45 Indonesian Youth Regeneration
17:00 - 18:15 Laura Fygi
18:15 - 19:30 George Duke Trio
19:30 - 20:45 Tribute To Utha Likumahuwa
20:45 - 22:00 The Manhattan Transfer
22:00 - 23:15 David Sanborn
23:15 - 00:45 Herbie Hancock


Tidak ada komentar: