Selasa, 18 Desember 2012

Guns N' Roses-MEIS Ancol, Jakarta, 16 Desember 2012


Guns N' Roses akan konser di Jakarta pada tanggal 15 Desember...wah khabar ini sungguh membuat galau saya yang sudah merencanakan nonton Sting pada tanggal yang sama.

Meskipun saya tidak mengenal GNR pada saat mereka dinyatakan sebagai band paling berbahaya di akhir 80 an (saat itu saya lagi asyik masyuk dengan musik Fusion, sehingga group rock era itu baru saya kenal belakangan). Saya baru mengenalnya saat mereka tampil pada acara Tribute to Freddie Mercury 20 April 1992. Band ini sungguh membuat saya sangat tertarik untuk menyimaknya setelah saya membeli kaset "Appetite for Destruction" yang sungguh mantab...Lagu seperti Welcome to the Jungle, It's So Easy, Nightrain, Mr. Brownstone, Appetite for Destruction, Sweet Child O' Mineserta Rocket Queen sungguh masuk  ke diri saya.

Untuk tanggal 15 Desember, bersama concert mate kami berdiskusi untuk memutuskan konser apa yang akan ditonton, Sting? apa Guns N' Roses?. Pinginnya dua duanya. Sempat terlintas juga pingin nonton Sting di seberang agar bisa dapet ke duanya, namun karena sesuatu hal akhirnya memutuskan nonton Sting saja. Dan sebagai salah satu pertimbangan adalah referensi dari youtube yang memperlihatkan bahwa axl sudah kedodoran dan kurang prima lagi

Biasanya menjelang konser, saya selalu membuat playlist berbekal situs setlist.fm agar bisa lebih masuk saat konser, dan untuk kali ini yang saya siapkan hanya setlist Sting saja, sehingga pol tidak ada persiapan mendengarkan lagu-lagu mereka.

Sabtu siang tanggal 15 Desember menjelang konser Sting saya menyempatkan diri mampir untuk nonton event Rocklinger # 3 di Tugu Proklamasi, HP saya sibuk bergetar karena heboh di twitter, FB dan milis tentang penundaan konser Guns N' Roses, yang akhirnya berujung pada berita Konser Guns N' Roses akan dilaksanakan di MEIS Ancol pada Hari Minggu 16 Desember 2012...wah....wah....wah.....Dan dalam perjalanan ke Ancol untuk nonton Sting sore itu saya sungguh sumringah....
Konser Sting malam itu yang bedurasi 2 jam sungguh sangat memuaskan bagi kami berdua, dan dalam perjalanan pulang kami pun segera merancang strategi untuk nonton besok siangnya. Prinsip In Calo We Trust pun kembali akan menjadi andalan besok.

Minggu siang kami sampai MEIS sekitar 11.30, segera mengontak rekanan andalan dan ketemu dan negoisasi Ticket. Setelah urusan ticket selesai dan berniat  
makan siang, ternyata tempat makan sudah sold out dan sialnya kali ini nggak ada calo untuk urusan ini. Untung ada Indomaret sehingga kamipun bisa menyeduh Popmie sambil menunggu adik ipar yang datang dari Jogja untuk nonton.

Setelah bertegur sapa dengan banyak teman di venue, kami segera antri dan ternyata agak telat masuk, hingga sudah ketinggalan 2 lagu awal. Wah sungguh merasa rugi gak nikmatin vocal prima axl (kami memperkirakan mulai lagu ke 4 axl akan kedodoran). It's So Easy masih dibawakan mulus.
Dengan formasi Frank Ferrer (drum), Tommy Stinson (Bass), Dizzy Reed (keyboard), Chris Pitman dan tiga gitaris Ron "Bumblefoot" Thal,  DJ Ashba, dan Richard Fortus serta Axl di vocal Guns N' Roses tampil prima. Axl beberapa kali berganti jaket dan jazz longgar yang mungkin dimaksudkan untuk menutupi tubuhnya yang mulai tambun. Lagu demi lagu dalam konser tersebut mengalir lancar setelahIt's So Easy, segera disusul Mr. Brownstone, Estranged, dan Rocket Queen yang membuat penonton ikut terlibat dalam konser tersebut apalagi sound dan lighting benar benar memanjakan. Yang paling membuat surprise Axl terlihat konstan dan tidak kedodoran.




Guns N' Roses Foto Ully dari http://www.bandistro.com/blog/guns-n-roses-live-jakarta-minggu-16-desember-2012


Penonton kebanyakan aktif saat lagu-lagu dari album lawas dibawakan, dan adem saat lagu-lagu dari album Chinese Democracy.  
Setelah Fortus bersolo gitar GNR kembali menggeber Live And Let Die, This I Love, dan Better,  Axl kembali istirahat saat Tommy Stinson membawakan lagu berjudul Motivation, yang dilanjutkan dengan solo piano Dizzy Reed yang antara lain menyajikan No Quarter-nya Led Zeppelin

Axl kembali tampil dengan 2 lagu dari album Chinese Democrazy Catcher In The Rye, Street Of Dreams, yang disambung dengan You Could Be Mine yang kembali menggairahkan penonton yang sebagian mulai adem.

Axl pun beristirahat lagi saat DJ Ashba bersolo gitar instrumentalnya dengan nomor Mi Amor dan langsung membuka intro lagu Guns N' Roses paling gaul Sweet Child O' Mine, sehingga penonton yang datang sekedar lifestyle-pun juga ikut nyanyi, sungguh gegap gempita sekali koor berjamaah ini.
Setelah itu Piano kembali keluar dan kali ini Axl yang memainkan lagu Pink Floyd Another Brick In The Wall Pt.2, sebagai pengantar nomer populer lainnya 
November Rain!. Dan benar kembali koor penonton membahana di MEIS.

Axl kembali istirahat saat Ron "Bumblefoot" Thal yang mengenakan kaos The Who melanjutkan dengan lagu Objectify. Sesaat kemudian dia merangsek ke tengah panggung, dan memberikan kejutan dengan memainkan sepotong National Anthem Indonesia Raya  yang kembali membuat merinding karena spontan penonton menyayikan bersama.

Bumblefoot foto Ully dari http://www.bandistro.com/blog/guns-n-roses-live-jakarta-minggu-16-desember-2012


Kemudian Axl kembali tampil dengan Don't Cry yang dilanjutkan dengan cover The Who The Seeker dismabung dengan lagu populer Civil War, Knockin' On Heaven's Door dan selanjutnya mereka meninggalkan panggung seolah-olah mau bubar dengan Nightrain.

Setelah penonton menggemakan  we want more, curanmor  mereka manggung lagi denganPatience dan ditutup dengan Paradise City yang memuncaki sore itu. Tidak menyangka Guns N' Roses masih sangat menggigit, (tahun lalu saat nonton Slash bersama Myles Kennedy yang tampil di Istora, serasa sudah nonton Guns N' Roses, ternyata belum...baru sekaranglah Nonton Guns N' Roses itu terealisir.

Dua hari yang sangat membahagiakan kami berdua...belum terbayang mau seperti apa konser di tahun 2013, baru JavaJazz Festival yang Insya Allah saya tonton (dan kali ini tidak In Calo We Trust, saya sudah beli tiket early bird mumpung harganya masih bersahabat).

2 komentar:

sgns @ rihk mengatakan...

Menarik bro....

Yulianto Dewata mengatakan...

Wah, masih setia menulis disini hingga menit-2 terakhir! :-)