Senin, 21 September 2020

Dream Theater - Uncovered 2003-2005

 Dream Theater dikenal sebagai band yang sangat suka mengcover lagu band lain saat konser atau saat soundcheck jelang konser mereka. Mereka band pembaharu music progressive dengan menyelipkan root metal didalam musicnya. Musisi yang berasal dari sekolah music ini memang sangat piawai dalam memainkan instrument music yang dikuasainya.
Dream Theater melalui label mereka YTSEJAM sering merilis official bootleg berisikan cover lagu band yang dikaguminya, tercatat 4 full album pernah di cover secara live dan dirilis melalui sebagai official bootleg melalui label YTSEJAM, yaitu album Live Deep Purple Made in Japan, Album Pink Floyd The Dark Side of the Moon, Album iron Maiden The Number of the Beast serta album Metallica Master of Puppets.

Disamping itu beberapa cover juga muncul baik sebagai bonus disc official release maupun official bootleg. Salah satu nya adalah Official Bootleg berjudul Uncovered 2003-2005 yang dirilis pada tahun 2009.

Album ini merupakan kumpulan cover berbagai band yang di rekam saat sesi soundcheck jelang konser hingga dalam pertunjukan Live sendiri saat Dream Theater memiliki formasi super  Mike Portnoy  (Drums & Vocals), John Petrucci (Guitar, Vocals), Jordan Rudess (Keyboards), John Myung (Bass) serta James LaBrie (Vocals).
Art Cover album berupa 9 icon album dari band yang mereka cover
Album ini juga diramaikan oleh nama besar di music seperti Russel Allen (Symphony X), Dave Mustaine (Megadeth), Geoff Tate  (Queensrhyce), terdiri dari 10 lagu dengan Tracklist
1.  Death on two legs   (Queen, Soundcheck Copenhagen 1/20/04)  
2.  Heart of the sunrise   (Yes, Soundcheck, Berlin 2/2/04)
3.  Heaven and hell   (Black Sabbath, Soundcheck Dortmund 1/30/03)  
4.  Paradox   (Kansas, Soundcheck Kansas City 3/15/04)  
5.  Mother father   (Journey, Soundcheck San Francisco 3/5/04)  
6.  Machine messiah   (Yes, Live at Jones Beach 8/28/04)
7.  Since I've been loving you   (Led Zeppelin, Live in Chicago 7/19/03)
8.  Diary of a madman   (Ozzy Osbourne, Live in Los Angeles 7/24/03)
9.  Cemetary gates   (Pantera, Live in Grand Prairie 8/2/05 vocal tamu Russel Allen, Burton C. Bell & Dave Mustaine pada guitar )
10.  Won't get fooled again   (The Who, Live in Seattle 8/2/03 vocal tamu Geoff Tate Michael Wilton & Mike Stone pada guitar, Eddie Jackson pada bass serta Scott Rockenfield pada drums) 
 

Seperti cover lainnya, secara music Dream Theater terlihat sangat mumpuni, namun menurut saya vocal LaBrie terasa kurang nendang dibanding vocalis aslinya (utamanya saat Cemetery Gates 3 vocalis itu (Russel Allen, Burton C. Bell serta James La Brie) terdengar kurang padu dan kedodoran dibanding Phil Anselmo sendiri. Namun terlepas dari kekurangan itu album ini sangat layak untuk dikoleksi

Tidak ada komentar: