Minggu, 22 April 2012

Dream Theater Live in MEIS, Ancol, Jakarta


Dream Theater, ya band yang sangat dinanti kehadirannya di Indonesia, akhirnya menuntaskan hutangnya kepada penggemarnya di Indonesia....
Sempat merencanakan konser di awal 2000 an namun dengan alasan travel warning, konser itu dibatalkan meskipun tiket sudah terjual.




Sabtu 21 April 2012, sejak sore area pantai Carnaval sudah dipenuhi orang-orang yang kebanyakan ber kaos hitam bersablonkan Dream Theater.
Pukul 17.30 antrian telah mengular kearah tangga mall baru Ancol Beach City tempat Mata Elang Indoor Stadium berada, meskipun informasinya pintu baru dibuka pukul 19.00, namun karena amburadulnya penataan maka waktu buka pintupun molor cukup lama. Sungguh menyiksa calon penonton yang antri berdiri.
Untunglah beberapa space mall itu telah ada beberapa cafe/warung, saya pun memilih cangkruk gabung dengan beberapa temen di warung kopi.

Saat pintu di buka, panitia pun tampak tidak berdaya, tidak ada body checking maupun pemeriksaan barang bawaan (meskipun di pemberitahuan ada larangan membawa kamera dll), sehingga tidak ada filter lagi.
Saat lolos dari gerbang, dan naik ke lt 3, juga terjadi bottle neck pada escalator, sehingga berpotensi chaos. Untunglah penonton konser Rock di Indonesia sudah terbiasa tertib, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Bangunan di Ancol Beach City sendiri belum 100% rampung, sehingga masih berantakan, ditambah dengan tidak ada pemeriksaan maka penonton dengan tiket apapun leluasa kian kemari pindah posisi (kasihan yang udah beli tiket mahal, namun gak dapet tempat duduk).
Saya sendiri masuk ke festival, dan langsung disergap dengan suasana yang sejuk mak nyes..., Kelas festival yang cukup besar pun dipadati oleh ribuan penonton.

Dibuka dengan penampilan Andy McKee, gitaris yang bermain solo akustik dengan gitar double neck yang bisa berfungsi sebagai perkusi, bas, melodi dan ritem, 

Andy McKee tampil cukup menarik, namun penonton bukan datang untuk dia, saat dia meletakkan gitar para penonton bertepuk tangan gemuruh mengira Dream Theater segera masuk, dan berubah menjadi teriakan “huuuuuuuuu” yang panjang ketika ternyata dia hanya mengganti gitar untuk memainkan lagu lainnya. hahahaha jan lucu polll

Akhir-nya sekitar 21:01 Dream Theater pun masuk, setelah didahului intro tapes dan suara sendawa yang menjadi bagian Brigdes in The Sky yang disambung dengan  "6.00".  Kelar lagu 6.00 LaBrie pun menyapa penonton "..hello Jakarta" dan dilanjutkan dengan nomor "Build me Up, Break me Down", "Surrounded" dan "The Root of all Evil".

Pertanyaan apakah drummer baru Dream Theater bisa menggantikan Portnoy pun terjawab saat Mike Mangini melakukan drum solo. Adanya drum cam di peralatan drum Mike Mangini yang serem, sangat membantu penonton dalam menilai kehandalan Mangini. Bagaikan tarantula berkaki 8, Mangini memainkan drum dengan kecepatan Tarantula menyergap serangga.

Setelah solo drum kemudian lanjut dengan "A Fortune in Lies" serta nomor progresif dari album baru "Outcry".

Basa-basi sebentar untuk mendinginkan suasana, dua nomor akustik dimainkan duet LaBrie dan Petrucci, "Silent Man" dan "Beneath the Surface"
Personil Dream Theater kembali tampil lengkap saat menngeber "On the Back of Angels", War Inside my Head" dan"The Test that Stumped Them All". Mungkin untuk memberi kesempatan Mangini istirahat, John Petrucci & Jordan Rudess melakukan solo.
Setelah itu lagu yang ditunggu-tunggu pun datang "The Spirit Carries On" yang biasanya ada vocalis latar cewek, kali ini backing vocalnya adalah hampir seluruh penonton yang hadir..:)

Setelah Breaking all Illusions Dream Theater pun pura-pura pamit dan teriakan we want more, demi moore, curanmor pun segera berkumandang. Dan sebagai encore Dream Theater pun menggeber "Pull me under"
Satu lagi konser yang bikin orgasme saya lakonin...penampilan prima, lighting yang luar biasa, sound yang lumayan menutup ketidak siapan panitia.
Terima kasih DT, Variant dan rekan-rekan IDTFC, i-rock, m-claro, thelinks atas malam special itu

Setlist:
  • Dream Is Collapsing (Hans Zimmer song)
  • Bridges in the Sky 
  • 6:00
  • Build Me Up, Break Me Down 
  • Surrounded 
  • The Root of All Evil 
  • Mike Mangini Drum Solo 
  • A Fortune in Lies 
  • Outcry 
  • The Silent Man 
  • Beneath the Surface 
  • On the Backs of Angels 
  • War Inside My Head 
  • The Test that Stumped Them All 
  • The Spirit Carries On 
  • Breaking All Illusions 

Encore:

Tidak ada komentar: