Minggu, 11 Januari 2009

We Will Rock You

Itulah salah satu lagu mega hit dari band legendaris Innggris Queen. Queen merupakan salah satu group/solis yang sangat saya sukai disamping Rush, Marillion (Fish era), Black Sabbath, Led Zeppelin, Pink Floyd, Rolling Stones, Yes, The Flower Kings, Michael Franks dan tentu saja Iwan Fals, dalam artian saya mengkoleksi lengkap albumnya baik pada era kaset bajakan hingga CD saat ini.

Kenapa saya suka Queen, sebagai remaja yang tumbuh di tahun 80 an, Queen sangat mengharu biru di peta permusikan tanah air saat itu, sehingga kayaknya aneh jika anak SMA tahun 1982-1983 sampai gak kenal Queen. Vokal Freddie, Harmonisasi koor dan guitar Brian May itulah alasan utama saya suka Queen.

Kenal lewat lagu Bohemian Rhapsody di kaset Dream Express serta album Hot Space rilisan label Golden Lion Records yang ngedance (body language, cool cat, dancer, put out the fire) serta hit Life is Real, Las Palabras De Amor (The Words Of Love), serta Under Pressure (feat David Bowie), j atuh hati saya pada Queen terjadi setelah mendengar
Bohemian Rhapsody.  Sungguh takjub saat itu mendengar kok ada lagu rock, yang pake "Bismillah" di syairnya, ya itulah magnum opus yang sangat megah dan menggetarkan hati.

Susah sekali mencari kaset Queen di kota Padang saat itu, yang ada kebanyakan adalah kaset the best, the very best of, greatest hits, super greatest hits dan sebangsanya, yang lagunya ya itu-itu saja dari berbagai record label bajakan saat itu, seperti Aquarius, Golden Lion, Kings, Atlantic Records, Team (label Yess, Monalisa, Saturn, Perina jarang sekali). Toko yang agak besar di Padang saat itu adalah Nostalgia Musik.

Ada kejadian lucu saat nyari kaset Queen disebuah toko kaset di pasar raya Padang saat itu. saat saya tanya apakah ada kaset Queen?, bapak penjual dengan yakin bilang ada, setelah nyari-nyari gak ketemu, sang bapak bilang: "Queen gak ada, adanya Kings, Atlantic dan Aquarius"...
&#$%*(&^%%%%%%% huhhhhhhhhhh.

Akhirnya sekitar tahun 1983, label Kings Billboard mengeluarkan seri Queen 1-8, yang berisikan 8 kaset dari album Queen I s/d album Hot Space. Saya membelinya dengan harga Rp 1.500 / kaset, kecuali album Live Killers C-90 seharga Rp 1.750 di agen pengecer yang ternyata kepunyaan orang tua teman SMA saya (Go Mei Shia, thx Mei Shia).
Meskipun ada lyricsnya, ternyata lyricsnya kebanyakan salah, hahahahaha gak tahu yg ngetik itu ngambil dari mana. Maklum lom ada internet saat itu.

Periode kaset bajakan berakhir di tahun 1987, dipicu kemarahan Bob Geldof, setelah di Indonesia beredar serial kaset konser amal Live Aid yang dicetuskan oleh vokalis Boomtown rats itu (inget lagu I Don't like Monday).
Kaset bajakan Queen terakhir yang saya beli adalah album "A Kind of Magic" dari label Aquarius.
Sempat beli 2 kaset era lisensi original yaitu album The Miracle dan Innuendo.
di tahun 1992, saat di Yogya mendengar khabar bahwa Freddie Mercury meninggal karena AIDS dari radio Geronimo, sungguh hati terasa getir sekali. (saya request lagu Who Wants To Live Forever di Geronimo saat itu)
 
Tahun 1994, setelah bekerja di Jakarta tahun 1994 mulailah perkenalan saya dengan barang yang terasa mewah, yaitu CD (compact disc). Saat  mendapatkan bonus akhir tahun saya membeli seluruh CD album Queen (album Queen I s/d Live at Wembley. Saat itu harga per CD adalah Rp 25.000, untuk double disc (Live Killers, Live Magic dan Live at Wembley) Rp 50.000, impor pressing Belanda.

Album Made in Heaven seperti penyejuk dahaga, mekipun cuman berisi gresekan materi lama yang belum terekam namun mempunyai materi yang indah, Lagu Let Me Live misalnya mempunyai keindahan koor khas Queen, serta Too Much Love Will Kill You yang menghanyutkan.

CD terakhir Queen bersama Freddie Mercury yang saya beli adalah Rock Montreal (double disc pressing lokal).

Sedangkan tanpa Freddie Mercury, meskipun kecewa dengan CD live album bersama Paul Rodgers Return of the Champions yang mbelgedez, saya masih beli CD The Cosmos Rock (lagi-lagi bersama Paul Rodgers) rilisan 2008 pressing lokal.
IMHO karakter Paul Rodgers gak cocok dengan Queen (Freddie Syndrome kali).

tahun 1992, saat konser tribute to Freddie, dimana Deacon, May dan Taylor mengiringi banyak vokalis handal, seperti
  • James Hetfield (Metallica)
  • AXL Roses (G N' R)
  • Roger Daltrey (The Who)
  • George Michael (Wham)
  • Elton John
  • Seal
  • dll

saya takjub dengan Roger Daltrey yang membawakan I Want it All, secara pribadi pingin Roger Daltrey yang masuk disana, tapi kok malah Paul Rodgers (saya cuman kenal PR lewat lagu Love Me Somebody dan The Way I Choose).


Kalo mo dirating secara pribadi, inilah urutan album Queen dari yang paling disuka sampai yang paling tidak disuka (diluar album kompilasi greatest hits/greatest flix) adalah:

  1. Queen-1974-Queen II
  2. Queen-1975-A Night at the Opera
  3. Queen-1973-Queen
  4. Queen-1974-Sheer Heart Attack
  5. Queen-1977-News of the World
  6. Queen-1989-Queen at the Beeb
  7. Queen-1979-Live Killers
  8. Queen-1976-A Day at the Races
  9. Queen-1991-Innuendo
  10. Queen-1978-Jazz
  11. Queen-1980-The Game
  12. Queen-1984-The Works
  13. Queen-1982-Hot Space
  14. Queen-1986-A Kind of Magic
  15. Queen-1995-Made in Heaven
  16. Queen-1989-The Miracle
  17. Queen-1981-Flash Gordon
  18. Queen-1986-Live Magic
  19. Queen-1992-Live at Wembley '86
  20. Queen-2007-Queen Rock Montreal
  21. Queen + Paul Rodgers-2005-Return of the Champions

album Queen + Paul Rodgers The Cosmos Rocks, belum saya nilai, karena lom denger secara seksama

untuk lagu, 10 track favorit saya secara berurutan adalah:
  1. White Queen (As It Began) (album 1974-Queen II)
  2. Bohemian Rhapsody (album 1975-A Night at the Opera)
  3. Doing All Right (album 1973-Queen)
  4. Innuendo (album 1991-Innuendo)
  5. The Prophet's Song (album 1975-A Night at the Opera)
  6. Stone Cold Crazy (album 1974-Sheer Heart Attack)
  7. Save Me (album 1980-The Game)
  8. Hammer to Fall (album 1984-The Works)
  9. You Take My Breath Away (album 1976-A Day at the Races)
  10. All Dead, All Dead (album 1977-News of the World)

We Will Rock You

 

11 komentar:

Lin Risdianty mengatakan...

sudah punya cosmos, salut......:)
bagaimana tentang cosmos om?

elvin hendratha mengatakan...

kelihatannya mas danang dominan suka yg ada koor dan pameran suara 'halus'nya bulsara ?

Danang Suryono mengatakan...

lom bisa comment mba'?, menurut mba' Lin yg Queen mania gimana?

Danang Suryono mengatakan...

ya mas, koornya itu lho.......
Mungkin Uriah Heep yg setara dgn Queen ...(jangan bandingin sama Manhattan Transfer, atau Take 6 lho...)

Steve i-Rock! mengatakan...

you take my breath away itu bener2 breath-taking hehehehe
udah dengerin GNR yg baru om ? lagu "This I Love" itu bisa dibilang Queen abis hehe

ivan amrullah mengatakan...

ah...ketahuan umurnya berapa, bisa 'membedah' queen dengan fasih seperti ini;
oh iya, tanpa bermaksud mempertentangkan selera, lagu Mustapha dan Get Down Make Love kok tidak ada ya?

:)

Danang Suryono mengatakan...

makanya take my breath away masuk dalam 10 teratas pilihan saya mas Steve. istilah Om G, nunjek ulu ati....:)
oh ya, ChinDem Udah ambil sebulan yg lalu, cuman masih lom segelnya...:), nunggu komen orang reda dulu, baru disimak.....

Danang Suryono mengatakan...

hahahaha wis kewut mas Ivan..:)
Mustapha memang nyentrik dengan langgam gambusnya..
Get Down Make Love juga asyik, terutama pas bagian make love, make love, make love.......
Kalo ngurut memang banyak banget lagu yang suka, cuman karena milih 10, maka selera pribadi saya ke yang itu.
Kalo ditambahin lagi, spread your wings, don't stop me now, killer quee, great king rats, in lap of the gods, let me live wuihhhhhhh panjang banget..wong namanya suka....
Kalo mas Ivan 10 listnya yg mana?

kiki said mengatakan...

ah queen...saya suka "save me" jaman termehek2 dulu, dan oh ya paporit saya "you're my best friend" pas ngarepin seseorang bisa jadian sama saya...

meskipun masih smp tapi saya teracuni karena kakak saya tentu saja :) sayang kaset the best queen saya hilang, gara2 kakak saya berbaik hati meminjamkan ke teman ceweknya :(

Danang Suryono mengatakan...

hahaha, Save me ini lagu saya pas putus sama mantan...
Nyanyi sambil berlinang air mata pas lirik:
I hang my head and advertise
soul for rent or sale..
.....
uediyannn pol....

siap kirim ke Batam...:)

kiki said mengatakan...

tak pikir cuma aku mas sing menghayati "save me"
sik ojo kirim batam sik sak durunge utang cover lunas :)