Minggu, 17 Februari 2008

Ngonthel ke Kantor




Bersepeda ke Kantor
...........................................
Bicycle bicycle bicycle
I want to ride my bicycle
I want to ride my bike
I want to ride my bicycle
I want to ride my
Bicycle races are coming your way
So forget all your duties oh yeah!

Sepenggal potongan lirik lagu Queen yg dipetik dari album "Jazz"

Sebenernya keinginan bersepeda kekantor sudah muncul sejak mas Gatot Widayanto memposting tentang nikmatnya Bikin' & rockin' di milis i-rock! . Bagaimana setiap selasa dan Jum'at mas Gatot selalu bersepeda dari kawasan Jakarta Selatan ke projectnya di gedung Indosat. Nggowes sambil menikmati Marillion, Kamelot, Genesis dan lain-lain wuiih top markotop.

Keinginan itu juga muncul karena bersepeda merupakan salah satu kegiatan fav saya dimasa sekolah tahun 80 an disamping basket, serta sebagai upaya therapy pemulihan cedera kaki yang saya alami akibat bermain basket 2 tahun yang lalu, dimana achiles tendon kaki kanan saya putus, sehingga mengalami kelambanan reflex pada kaki kanan saya pasca operasi.

Pada saat niat ini saya sampaikan tahun lalu kepada istri saya, masih belum disetujui karena alasan crowdednya lalu lintas jakarta.
Nah pada saat ada acara Indonesian Consumnity Expo pada Desember tahun 2007, saya ajak istri saya mampir ke Stand B2W, yang memberikan gambaran bahwa bersepeda di Jakarta bisa dilakukan secara menyenangkan.
Perhatian tertuju pada Banner dengan foto wanita belia dengan tulisan "Dia pun bersepeda ketempat kerja. Bagaimana dengan Anda?.
Ini menjadi semacam dorongan tambahan untuk memutuskan B2W.

setelah ICE 2007 kami mampir ke Toko Sepeda di bilangan Taman Sari untuk membeli Sepeda dan aksesorisnya. Selama libur cuti massal akhir Desember 2007 saya gunakan untuk pengenalan sepeda dan jalurnya, meskipun kagok juga diawal, maklum sudah lama tidak bersepeda.
Pada tahun 2008, tepatnya pada 2 Januari 2008, Bersepeda ke Kantor saya mulai. berangkat dari kawasan Sumur batu sekitar pukul 5.30-6.00, perjalanan ke kantor di Kawasan harmoni membutuhkan waktu sekitar 25 menit. Jika saya bawa mobil membutuhkan waktu sekitar 20 menit dalam kondisi lancar (kalo macet?), dan jika naik kendaraan umum bisa lebih dari 30 menit.
Untuk Jersey, karena badan saya agak oversize, maka saya pilih jersey bola. Pilihan jatuh pada jersey away Chelsea bukan karena saya fansnya Chelsea, namun lebih karena warnanya yg stabilo, lebih mencolok mata saat gelap.
Saya ambil 3 jersey 30 an ribu Chelsea replika Drogba, Cole dan polos, serta 1 jersey Arsenal Away warna Kuning (yg lama) replika Henry.

Pagi saat berangkat terasa lebih segar, pas pulang agak terasa kurang nyaman karena terasa asap polutan knalpot kendaraan bermotor terkonsentrasi secara penuh.
Untuk menghindari polusi saya menggunakan masker dan banyak melewati gang kecil yang banyak terdapat dikawasan Kemayoran dan Pasar Baru (Moga-moga makin banyak orang Jakarta yang bersepeda ke Kantor, biar asap polutannya berkurang)

Hasilnya sampai saat ini,
- tubuh terasa lebih fresh
- reflex pergelangan kaki semakin membaik (untuk turun tangga saya sudah bisa jinjit),
- lebih irit (beli pertamaxnya jadwalnya jadi lebih panjang).

jadi ayo teman-teman, Bersepeda ke Kantor mengapa tidak?

18 komentar:

igun sam mengatakan...

mantap... mas Danang jadi ngiri nih, kapan yah sy bisa ngikutin kegiatan yang menyehatkan ini ..hehehe

Danang Suryono mengatakan...

Hayo mas Igun, mulai dari hati dulu, syaratnya gampang punya sepeda dan punya kemauan dan kemampuan gowes, langsung meluncur...Dan budget beli CD bisa nambah hehehehehe

eko cahyono mengatakan...

ini musti wajib dibawa ya mas? hehe..

Danang Suryono mengatakan...

hahahahaha standard equipment mas Eko. Menjelang Helloween Concert playlistnya album Gambling with the Devil.
Paling maknyuzz kalo sambil gowes dengerin album Hijau Iwan Fals, Hutanku rusak, langitku bocor........jadi lebih manteb bersepeda.....

Agam Fatchurrochman mengatakan...

saya sudah beli sepeda lipat merek nggak jelas mas, 48 pound. perlengkapan lainnya nanti dilengkapi di Jakarta.
kayak gini http://cgi.ebay.co.uk/16-Wheel-FOLDING-Bicycle-Suspension-5-Rears-Bike-NEW_W0QQitemZ170194281568QQihZ007QQcategoryZ33503QQssPageNameZWDVWQQrdZ1QQcmdZViewItem

Danang Suryono mengatakan...

manteb mas Agam, portabel bisa ditenteng kemana-mana dalam backpack. pernah mampir di situsnya, ternyata di Indonesia juga ada komunitas folding bike ini

Agam Fatchurrochman mengatakan...

saya tertarik karena baca id-folding bike di multiply ini.
jadi bid di ebay lah.
nanti saya tak mampir ke tempat sampeyan, nyepeda sampai Bintaro, ngebis transjakarta sampai cempaka putih, nyepeda lagi ke tempat sampeyan

Danang Suryono mengatakan...

siiip, tak tunggu di Cempaka Putih, ntar pit-pitan bareng, habis tu makan bebek goreng di Sumur Batu maknyuzzzzzz

Inu Febiana mengatakan...

salam kenal om danang, yang dipoto ini om siapa ya? kayanya kenal deh :-?

Danang Suryono mengatakan...

Salam kenal om Inu,
Belum kenal dengan yg difoto itu om...:), soalnya saya belum sempat ketemuan dan kenalan secara langsung dengan teman-teman di b2w (pas ada peresmian sekre baru, saya absen), begitu juga pas acara bagi-bagi flyer di bundaran HI kok kebetulan barengan sama konser Helloween.
Insya Allah kalo ada kesempatan kopdar dateng om Inu.

Gatot Widayanto mengatakan...

Kalo aksesori ngonthelnya .. sampeyan pancen top markotop mas!!! saya punya gak selengkap mas Dang punya! Terus ... itu hedphone nya jangan pake yang PX-100 mas .. bisa terlena lho .. ntar disenggol metro mini saking enaknya suara Sennheiser PX-100 kayak bakpao yang masih anget kemedhul gitu mas ... Tapi OK lah mas .. top banget! Di majalah TARBAWI edisi terakhir ada artikel pionir bersepeda jarak jauh (dunia) dari Bandung .. namanya PAIMO (lulusan Seni Rupa ITB) .. ngiri tenan mas ...

Salam,
G

Agam Fatchurrochman mengatakan...

Minggu depan sy mau nyepeda ke stasiun sudimara lah. Lumayan olahraga. Sambil nunggu sepeda lipat datang

Danang Suryono mengatakan...

Sennheiser memang mantebhhhhh.
Wah kalo bersepeda keliling Dunia itu hebat bener.

Danang Suryono mengatakan...

Kirain sepeda lipetnya ikut ditenteng pas pulang :)

Hendro Purwanto mengatakan...

Om Danang, maap forknya ga keliatan jelas... sepintas seperti RST Gila atau Suntour?...
masih suka muncul bunyi2 mencicit?
IMHO selama ga mentok (bottom out) atau longgar/goyang, mestinya ga apa2 om.

Danang Suryono mengatakan...

Om Hendro, kemarin setelah ada reply dimilis agar dikasih oli bunyinya udah ilang. Coba ntar dicek lagi merknya.
Thx om Hendro

Danang Suryono mengatakan...

Lho ini foto Om Inu ya?

Inu Febiana mengatakan...

bukan om, inu gak seitem dan ga sejelek itu yang saya tau :D