Selasa, 19 Agustus 2008

Dream Theater Cover

Karena saya tumbuh mendengarkan musik berbasiskan rock 70 an (sering disebut dengan claro), maka referensi saya gak jauh dari Stones, Zeppelin, Purple, Queen, RusH, Sabbath, Yes, Pink Floyd dan sebangsanya.
Barulah pertengahan 80an pendulum saya bergesar ke musik
fusion/jazzy dengan menyimak Chick Corea, Michael Franks, Al Jarreau, Miles Davis, Grusin bersaudara, Casiopea, Yellow Jacket dll, dan menjadi gelap dengan musik Rock.
Namun entah kenapa seketika sekitar tahun 1998, tiba-tiba pendulum bergeser kembali kearah musik Rock, setelah seorang temen dikantor memutar sebuah lagu yang sangat keras ditelinga saya s
aat itu, saat saya sedang pusing mencari selisih angka rekonsiliasi. Dan ajaibnya setelah lagu itu saya cerna (lagu Master of Puppetsnya metallica), selisih itu ketemu.
Seperti anak kecil menemukan mainan lamanya, sayapun kembali mendengar musik rock (meskipun kata Jethro Tull Too Old to Rock
'N' Roll wakakakaka, gak papa...)

Sayapun gabung dengan milis musik m-claro yang banyak mengulas musik rock jadul (dan ternyata membernya banyak yang lebih tua dari saya, tapi jauh lebih ngerock dibanding saya). Namun diantara member milis banyak juga generasi muda yang lebih banyak mendengar musik rock pasca 80 an, sehingga terjadi proses saling meracuni diantara anggotanya.
Saya baru ngeh adanya band dahsyat generasi baru macam Dream Theater,  The Flower Kings, Gordian Knot, Kaipa, Transatlantic, Opeth, Lemur Voices, Cynic dll.


Salah satu band generasi baru yang sering jadi topik diskusi adalah Dream Theater. Penasaran, sayapun berusaha ingin denger.
Saya pertama kali kenal Dream theater dari sebuah CD-R copyan temen album A Change of Seasons yang berisikan mate
ri cover dari Deep Purple, Led Zeppelin, Queen, Kansas, Journey, Elton John.
Saya eksplor DT ini ternyata saya jadi ternganga, kemana aja saya selama ini.!!!!!!

Mulailah saya membeli CD DT satu persatu, lungsuran dari temen yang udah bosen, gresek di Jl. Surabaya, hingga nitip temen yang belanja online.

Disamping album studio dan livenya, terdapat beberapa official bootleg yang menarik.




3 album diantaranya merupakan full cover studio album dari band legendaris:
- Master of Puppets (Metallica)
- The Number of the Beast (Iron Maiden)
- Dark Side of the Moon (Pink Floyd)

Menurut saya 3 album cover DT ini sangat memberi nuansa yg beda dengan album aslinya dan meskipun IMHO di MoP dan TNotB vokal James LaBrie gak ngejar Bruce Dickinson dan James Hetfield, namun secara musical top notch.
Untuk DSotM, DT yg biasanya bermain speed, beringas dan akrobatic, kali ini bermain layaknya PF yg kalem dan bikin melayang-layang.

3 album yang sangat rekomen

thx u/ mas Fadli atas kebaikannya kasih icip-icip.
thx mas Supri yg nglepas original albumnya.

35 komentar:

haris fauzi mengatakan...

yang akustik keren jugak mas...:)

Agam Fatchurrochman mengatakan...

DT saya kenal tahun 98 dari dosen saya Revrisond Baswir mas Danang

Danang Suryono mengatakan...

wah jauh lebih dulu mas Agam kenal DT dari saya..:) Pak Revrisond die hard DT juga ya?

Danang Suryono mengatakan...

lho yg mana lagi nih...:), official bootleg apa DVD.. bisakah mas Haris....:)

duke _E mengatakan...

dt emang banyak dipengaruhi (dan diakui mereka) claro.
secara resmi mereka proklamirkan di album 'a change of seasons'

Danang Suryono mengatakan...

Entry point yg manis buat saya.
The Big Medleynya bikin mbrebes mili....

duke _E mengatakan...

http://dt.qrayg.com/bootlegs/prism-records/acoustic-dreams-310/

kalo mau lagunya, ntar saya aplod ;o)

duke _E mengatakan...

saya denger d.t di pertengahan 90an, masih biasa aja.
tapi baru 'kebelalak' waktu dengerin 'scenes from a memory'.
rasanya udah lama gk beli cd dari musisi baru yg konsep ginian.

Danang Suryono mengatakan...

menarik listnya, perfect strangers kayaknya jadi kayak lagu wajib
thx bantuannya, cuman di MP sekarang bingung donlot nya....:(

Surya Growbhan mengatakan...

oalah, akustik yg ada cover U2 itu toh...aku ada, tapi entah dmana skrg..hehehe...mmg keren kok...lagu2nya mmg beda aransemennya dari live2 sbelumnya...

duke _E mengatakan...

emang bikin bingung yah ehehee

lagipula kuping saya minggu ini lagi ke fussion blues.
mempengaruhi jadwal aplod, rencananya mo naro sebangsa
al kooper, jeff healey, steve hacket (of genesis, yg nge-blues)

kiki said mengatakan...

DT ini, saya cuma ikut ndengerin kalo suami nyetir...
siapa yang nyetir dia yang milih lagunya...

tapi ndak tau masing masing judulnya...
dari pada nyupir ya mending menikmati musik lah :)

Danang Suryono mengatakan...

Sejak playlist di music dihilangkan, saya lom tahu lagi cara DL di MP...:)

Danang Suryono mengatakan...

mas Surya malah udah punya yach.
BTW udah nonton DVD DT yg DSotM mas? gimana dibanding versi PF?

Danang Suryono mengatakan...

hahahahaha, ngorbanin playlist pilihan daripada nyopir...
Tapi ini proses saling meracuni yg sempurna...:)

Surya Growbhan mengatakan...

iya, tapi skrg entah dmana... :p
blom nie, masih nyari...aku malah pengen nyari film wizard of ozz, trus muternya barengan sama DSOTM, katanya ada hal yg unik ya??

kiki said mengatakan...

aku teracuni kaet om ku mas...tapi cuma ngerti lagu dan musiknya gak nengeri judul e...

sing lucu om ku kan senengane jethro tull, lah anak e senengane nasyid...
anak e diseneni...jarene "lanang iku kudu nge-rock..."
ancen rodo om ku iku :))

Surya Growbhan mengatakan...

wahahaha, brarti tu blom jadi cah lanang sing bener...hehehehe...

kiki said mengatakan...

aku wis tau posting mas carane, pake browsernya firefox, trus donlot plug-in sama pasang program downloadmanager, nek aku pake orbit...
jik iso kok mas :)

Agam Fatchurrochman mengatakan...

Saya baru melungsuri ipodnya Hengky Bank Mayapada. Pusing juga denger 40 GB, mulai dari prog, sampaj growl

Danang Suryono mengatakan...

Hengky anak kemayoran....hahahaha, dia lagi keracunan death metal sama prog.
Saya banyak dapet lunguran CD dari dia., salam aja buat Hengky mas Agam

Danang Suryono mengatakan...

ok mba', ntar belajar dulu.....:)

Danang Suryono mengatakan...

hahahahaha, anak lanangnya memang harus diarahkan ke jalur yang benar.......:)
Siip, setuju aku sama omnya mba' Kiki...:)

Purnomo Dheglenk mengatakan...

Official bootleg fav saya yg Los Angeles 98. Ada Bruce D bwin Perfect Strangers sm The Trooper. Sound ga tllu bgs, tp jammin2nya itu yg bikin asik. Kpn2 sy kopiin kalo blum punya. Sy di harmoni skrg, dkt kan? Hehe. Kalo nyari bootleg yg rare, hengky seabreg tuh pak..haha

Surya Growbhan mengatakan...

wah, Bruce D yg perfect stranger aku jg punya, tp the trooper gak pny tuh :p
yg laen adanya jg We Will Rock You yg di-medley Smoke On The Water...

haris fauzi mengatakan...

accoustic dream 310
This is one of the most original boots ever! The first 7 tracks are completely acoustic and have superb sound quality. Track 8 has Bruce Dickinson on vocals, tracks 9 and 10 are demo versions which are performed totally different than the studio or live versions. This is a great bootleg.

A very nice colored pencil sketch of the child from the Images & Words album cover. The liner contains some info about the tracks and some ramblings by Mike Bahr. A very unique cover.


1. Another Day
2. Lifting Shadows
3. Wait For Sleep
4. Silent Man
5. Long Island Expressway
6. Tears
7. O Holy Night
8. Perfect Strangers
9. 6:00
10. Caught In A Web
11. Voices
12. Bad (U2 cover)
http://turtule.multiply.com/music/item/3253/DREAM_THEATER_-_Acoustic_Dreams_310

haris fauzi mengatakan...

saya kenal DT karena di resensi di koran republika..album awake.. dapet bintang 4 di sana..sama dengan albumnya mike+the mechanics: living years

Danang Suryono mengatakan...

matur nuwun mas Puy yg master of DT...:, Los Angeles 98 udah dapet orinya dari mas Supri, barengan Tokyo 95. Bener yg Bruce Dickinson di 4 lagu manteb.....
Mas Puy Harmoninya dimana?, asyik nih deketan....

Hdra ZmonZ mengatakan...

kalo master of puppets & number of the beast saya dah punya. kalo pink floyd belum dapet. bisa kasi tahu link donlot nya ?

mocha wahid mengatakan...

om, kalo preorder DVD chaos tour 2007-2008 ikutan yah..

Danang Suryono mengatakan...

DT ini emang gendheng, hampir tiap tahun ngeluarin CD/DVD live nya, menggoda iman dan menguras kantong...:)

Danang Suryono mengatakan...

Gak punya linknya bro...
mo upload lelet banget koneksiku (upload Lemur Voices & Cynic lom kelar sampai sekarang)...
Ada rekan rekan yg bisa bantu linknya?

Noor Qodri mengatakan...

Aku kurang suka album-album cover ini. Karena secara musik, DT tidak memberikan nuansa baru. Titik komanya sama persis dengan versi dari artis lainnya.
Tapi dasar terlanjur koleksi, ya bootleg ini dibeli juga.

Danang Suryono mengatakan...

yg DSotM itu pernah kita tonton bareng dan diskusikan dengan temen-temen milis, komennya Mike Portnoy mainnya kalem banget..:)
Hehehe sebentar lagi keluar DVD chaos....siap-siap mas...

Noor Qodri mengatakan...

keluar duit lagi deh beli 2 keping DVD dan 3 keping CD