Jumat, 15 Agustus 2008

Ripping, Scanning & Tagging

Mengingat dalam aktivitas sehari-hari lebih banyak diluar rumah, sementara saya mempunyai kesenangan untuk mendengarkan musik, maka format MP3 menjadi pilihan utama saya.
Setelah membeli CD audio, saya selalu me ripping ke format MP3, agar bisa lebih fleksible disimpan ke beberapa media (harddisk, portable MP3 player atau HP), sehingga kalo pas di Kantor gunakan PC, di jalan/lagi nyepeda gunakan MP3 player.

Namun saya juga mempunyai kepuasan kalo sambil mendengar musik, selalu melihat sleeve atau artwork CD nya. Agar sleeve CD tidak jadi lecek, maka saya selalu menscan cover & sleeve CD dan menyimpannya dalam format *.jpg.

Beres, sekarang CD audio bisa diplastikin dan disimpen manis dirak, menjadi investasi dikemudian hari (kalo harga pasarnya naik..:))

Dan agar lebih enak dalam menikmati file MP3, saya selalu tagging file tiap lagu format *.Mp3 hasil rippingan dengan informasi:
  • artist,
  • album,
  • tahun,
  • genre,
  • artwork cover CD
Sedangkan yang optional adalah 
  • resensi (kalo ada),
  • Lyrics (kalo sempet).
  • comment,
  • composer

Perangkat yang saya gunakan:
  • U/ ripping saya gunakan Windows Media Player 11
  • U/ scan, saya gunakan HP scanjet
  • U/ meresize dan crop hasil scan saya gunakan Visualizer Photo Resize
  • U/ tagging saya gunakan tagScanner

Jika playlist diputar menggunakan WMP11, maka tampilannya adalah:



20 komentar:

tembang pribumi mengatakan...

awas kena razia mp3!!:D

Danang Suryono mengatakan...

hehehehe, koleksi pribadi....:)

kiki said mengatakan...

berarti nek barter enak ya mas
jan aku nerimo matengan tenan :D

Danang Suryono mengatakan...

hehehehe sip mba' Kiki, list menyusul....

Yulianto Dewata mengatakan...

...untuk cover, bisa googling via image-nya Google. Lebih simple, terutama kalau fungsinya hanya sebagai cover art iPod dan sejenisnya.

kiki said mengatakan...

santai ae...
sik aku tak mbenakno opo kuwi? tagging?..
aku kadang wis kesuwen karo cottonbuds dan batre mas..
maklum ngerip seko kaset :D

jonny herbart mengatakan...

wahhh mas danang rajin banget euy...hehehe

Danang Suryono mengatakan...

Bisa sbg alternatif kalo cd luar,
cuman kalo CD local terbatas sekali, jadi ya lebih milih nyecan sendiri

kiki said mengatakan...

kalo saya tetep mending scan... soalnya kalo pake google eman makan byte... :D
lagian kalo kaset indonesia lama jarang jarang nemu covernya :)

Yulianto Dewata mengatakan...

Justru via image-nya google ukurannya kecil. Sekitar 10-20kb per gambar. Cukup OK untuk masuk ke iPod. Khan nggak perlu yang ukuran gedhe. Kecuali kalau untuk kepuasan pribadi dipajang sbg wallpaper ya lebih baik scan aja :p

Danang Suryono mengatakan...

Tagging itu ngasih personalisasi di file MP3 mba'...

Memang ini repotnya kaset, aku udah diajarin mba' Wi, sampai sekarang lom pernah ngerip dari kaset

Danang Suryono mengatakan...

nha ini mas David, kalo saya justru pingin pake yg agak gede (640 x 480 biasanya), soalnya kalo rip pake WMP11, itu langsung dapet covernya, cuman ukurannya kecil (separonya).
Kalo Ipod ..aku gak pake ipod, makenya samsung jaman dulu.
Lagian aku make MP3 player pas nyepeda, gimana mo lihat covernya..:)

kiki said mengatakan...

saya belum punya ipod :">

Danang Suryono mengatakan...

Ini juga jadi obat stress bung Jonny...:)

tembang pribumi mengatakan...

kalo pas nyetel di mobil, pas ada razia tetep kena mas:D

de imriany imriany mengatakan...

pasti nikmat yah ngelakoninya, mas danang?? palagi sambil ngudud + ngopi... owww... nikmattt tiada tara!!! hehe...

Danang Suryono mengatakan...

mosok sih mba' Wi?,
kalo di mobil aku malah pake CD-R, jadi CD-Audionya tak burn ke CD-R biar gak baret-baret..opo kena juga?

Danang Suryono mengatakan...

ini lagi dengerin Cemetery Gatesnya Pantera ngopi (tapi gak ngudut), sambil ngguk, angguk, angguk.., nikmat bener...

Yulianto Dewata mengatakan...

Duuuuh, ribet banget sih... pakai portable mp3 player aja dong (kl nggak mau dibilang iPod) wakakakak...

Danang Suryono mengatakan...

aku pernah beli transmitter yg kayak ulekan sambel, untuk koneksi ke MP3, tapi kok gak enak bunyinya.
Trs akhirnya beli konektor yg kayak kaset kosong, lumayan, tapi akhirnya balik ke CD-R lagi.....:)